Tuesday, April 11, 2017

Bulan ke Dua Maajun Anggun Bestari

Dah bulan ke dua, overall OK je makan MAB. Juz yang tak tahan kluar macam kotoran middle antara haid. Tu yang tak berapa suka tu. Selalunya bila makan pil perancang comey je aka keluar haid 6-7 hari, then stop till the next period.

Yang tak suka tu cz tak pasti masa solat n bersama ngan hubby. So today google la sket sket and thus terjumpa istilah darah shufrah dan kudrah. Full artikel yang ok:- https://ibnaun.wordpress.com/2012/05/16/ash-shufrah-al-kudrah/

Yang berkaitan dengan aku:-

b. Apabila keluarnya shufrah & kudrah setelah  suci dari haidh: maka hal tersebut tidak termasuk haidh. Misalnya  seorang wanita mempunyai kebiasaan haidh selama tujuh hari, kemudian  suci, kemudian keluar shufrah atau kudrah diluar waktu haidhnya, atau  tidak bersambung dengan waktu haidhnya, maka itu tidak termasuk haidh.  Dalilnya:
عن أم عطية رضي الله عنهما قالت: (( كنا لا نعد الكدرة والصفرة بعد الطهر شيئا )) رواه أبو داود
Dari Umm ‘Athiyyah –semga Allah meridhainya- berkata: “Kami tidak menganggap apa-apa kudrah dan shufrah setelah suci.HR.Abu Dawud.
Bagaimana hukumnya, bila shufrah & kudrah yang keluarnya bersambung  dengan waktu haidh tersebut tetap berlanjut sampai berhari-hari?
Apabila shufrah atau kudrah terus berlanjut berhari-hari sampai melampaui waktu kebiasaan haidhnya, maka wanita tersebut bersuci dan wajib shalat sebagaimana wanita yang telah suci dari haidh.
 
Kesimpulan:
1. Shufrah & Kudrah, bila keluarnya pada waktu suci, baik sebelum atau sesudah haidh, maka tidak termasuk haidh.
2. Bila Shufrah & kudrah tersebut keluarnya pada masa haidh atau bersambung dengan masa haidh, selama tidak terus berlanjut berhari-hari, maka shufrah & kudrah tersebut termasuk haidh.
Wallahu a’lam, Semoga bermanfa’at.
 
Endnote:
*Seorang wanita menentukan telah suci dari haidh dengan salah satu dari tanda-tanda berikut:
1. Kering, apabila darah haidh telah berhenti dan tidak bersambung  dengan shufrah atau kudrah yang berlarut-larut, maka wanita tersebut  telah suci dari haidh dan dia wajib mandi.
2. Al-Qashshatul baydha’ yaitu keluarnya cairan putih di akhir haidh, ini terjadi pada sebagian wanita, apabila –menurut kebiasaannya- keluar cairan putih di akhir haidh, maka dia telah suci dari haidh dan dia wajib mandi.
 
Umm Faynan Arfah Anhar
Mahasiswi Pasca sarjana Fakultas Syari’ah
Umm Al-Qura University Makkah Al-Mukarramah

Tu la.. yg aku tak suka pasal MAB ni pasal ni la. Ingat lepas botol ke dua dah ok. Botol pertama mmg jadi. Lebih kurang 2 minggu lepas haid, then jadi camni.

Seller kata ambil tiga botol badan ambil masa sesuaikan denagn MAB. Tunggu sebotol lagi habis la macam ni.

Kena persevere sket nih. Cz I don't want to bergantung dengan pil sampai bila bila. It is not good.

No comments:

Post a Comment